Berita BKTM Makassar

sehat bugar jumat, 14 desember 2018

Jumat, 14 Desember 2018 | Dipublish Oleh: bayu
berita kami

Sehat bugar Jumat, 14 Desember 2018, seperti biasa setiap jumat dilakukan Sehat Bugar yang berupa senam kebugaran dan penyediaan ramuan, makanan minuman sehat. Sehat bugar hari ini bertemakan kebugaran. Senam kebugaran diikuti oleh selain pegawai dari BKTM juga dari instansi lintas sektor dan masyarakat sekitar BKTM. Setelah melakukan senam kebugaran pada griya jamoe BKTM Makassar disediakan ramuan tradisional dan makanan minuman sehat yang merupakan hasil kolaborasi antara herbalis dan nutrisionis.

Ramuan tradisional yang disediakan adalah rebusan akar kuning, buceri dan wedang secang. Makanan minuman sehat adalah sirup markisa jahe dan pudding labu kuning.

a. Air rebusan kayu kuning merupakan terapi penunjang yang digunakan sebagai detoxifikasi racun, baik bagiĀ  penderita diabetes, prostat, ginjal, hepar lever dari radikal bebas, juga baik dikonsumsi oleh orang sehat untuk kebugaran.

b. Wedang secang merupakan air rebusan kayu secang yang mengandung zat polifenol, tannin dan minyak atsiri. Manfaat dari rebusan kayu secang adalah sebagai anti oksidan, penangkap radikal bebas, anti bakteri, memperbaiki dinding usus yang rusak akibat virus dan bakteri serta dapat menghentikan perdarahan, dan anti analgetik.

c. Minuman Buceri adalah minuman tradisional yang terbuat dari jahe, sereh, pala kemukus, cengkeh, kayu manis dan daun jeruk purut dengan pemanisnya adalah gula aren. Fungsi dari minuman ini adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memulihkan stamina pasca sakit dan mengatasi kelelahan.

d. Sirup markisa temu lawak merupakan minuman sehat yang terbuat dari sari markisa dan temu lawak. Manfaat markisa adalah dapat mengontrol tekanan darah, meningkatkan sirkulasi darah, menyehatkan pencernaan, baik untuk sistem imunitas dan mencegah kanker.
Temulawak baik bagi penderita gangguan perut, gangguan hati (penyakit kuning), batu empedu dan meningkatkan sekresi empedu.



Arsip Berita Lainnya

Layanan