profil BKTM profil kepala BKTM Profil Pegawai BKTM Struktur Organisasi Alur Pelayanan
Pemeriksaan KlinikAkupunkturAkupresurTerapi SPAHerbalPIJAT BAYIPelayanan Penunjang (Laboratorium)

Pelayanan Akupresur BKTM makassar

Definisi Akupresur


Akupresur berasal dari kata accos yang berarti jarum dan pressure yang artinya menekan. Pada awalnya akupresur sering dikatakan pijat akupuntur, karena teori dasar akupresur berpedoman pada ilmu akupuntur. Perangsangan dengan menusukkan jarum pada ilmu akupuntur diganti dengan penekanan menggunakan jari atau alat bantu berupa benda tumpul yang tidak melukai tubuh pada akupresur.

Akupresur adalah salah satu bentuk pengobatan tradisional keterampilan dengan cara menekan titik-titik akupuntur dengan penekanan menggunakan jari atau benda tumpul dipermukaan tubuh, dalam rangka mendukung upaya promotif, preventif, dan rehabilitatif.

Sesuai dengan sejarahnya maka dasar falsafah akupresur adalah falsafah alamiah. Hukum keseimbangan, sebab akibat, perubahan kualitas dan kuantitas, saling ketergantungan, holistik, saling mempengaruhi, menjadi pertimbangan dalam melaksanakan tindakan akupresur.

Selama tidak bertentangan dengan irama alam, pengobatan akupresur aman dilakukan, karena tidak melukai tubuh dan tidak memasukkan zat-zat tertentu kedalam tubuh, disamping itu murah dan mudah karena dapat dilakukan oleh siapa saja yang telah mempelajari ilmu akupresur dengan benar.

Akupresur ditinjau dari aspek Kedokteran


Mekanisme kerja: Akupresur ditinjau dari Ilmu Kedokteran menurut beberapa ahli:


Ruang Lingkup Pelayanan Akupresur


Ruang lingkup pelayanan akupresur meliputi upaya sebagai berikut:


Jenis Pelayanan Akupresur


Jenis pelayanan akupresur dibagi atas 3 kelompok sebagai berikut:



Link Kerjasama