Pelayanan Akupunktur

Tentang Akupunktur

Akupunktur (Bahasa Inggris: Acupuncture; Bahasa Latin: acus, jarum (k benda), dan pungere, tusuk (k kerja)) atau dalam Bahasa Mandarin standard, zh?n ji? ( arti harfiah: jarum - moxibustion) adalah teknik memasukkan atau memanipulasi jarum ke dalam titik akupunktur tubuh untuk mengobati penyakit maupun kondisi kesehatan lainnya.

Dikenal sejak 4000-5000 tahun yang lalu di Cina sebagai bagian dari TCM (Traditional Chinese Medicine). Dengan kemajuan ilmu pengetahuan maka di kalangan kedokteran berkembang akupunktur medik yaitu metode terapi akupunktur yang berlandaskan neuroscience, mengobati pasien dengan prinsip medik dan evidence based.

Pada tahun 1991 WHO mengintegrasikan ilmu akupunktur ke dalam ilmu kedokteran konvensional, karena sangat banyak evidence based mengenai manfaat dan keamanannya. Pada tahun 2002 WHO mendukung Negara anggotanya mengintegrasikan akupunktur ke dalam sistem kesehatan nasional dengan mengembangkan dan mengimplementasikan kebijakan serta memperhatikan safety, efficacy, quality dengan cara memperluas pengetahuan dan memberi pedoman standar pengaturan dan jaminan kualitas. Pada saat ini akupunktur telah dipraktekkan di banyak Negara di dunia.

 

 

Tahapan Akupunktur

Menurut Departemen Akupunktur RSCM, tahap-tahap dari akupunktur sendiri dapat di bagi menjadi tiga, yaitu:

  • Efek Lokal
    Yaitu penusukan mengakibatkan dilatasi kapiler, peningkatan permeabilitas kapiler,dan hal ini dapat dilihat dari warna kemerahan pada daerah penusukan khususnya pada otot-otot bagian muka.
  • Efek Segmental
    Yaitu hantaran serabut saraf ke dalam medulla spinalis dan sel saraf lainnya (regional).
  • Efek Sentral
    Yaitu rangsangan yang sudah sampai ke dalam medulla spinalis diteruskan ke SSP (susunan saraf pusat) melalui jalur batang otak, substansia grisea, hipotalamus, thalamus, dan cerebrum. Hal tersebut merupakan invasif mikro dan mengaktifkan mekanisme pertahanan tubuh untuk mencapai suatu keadaan yang seimbang dan pada kasus paralisis bell atau lumpuh wajah, keadaan seimbang ini berarti suatu keadaan di mana otot-otot wajah yang mengalami kelumpuhan menjadi kembali fungsional.