Berita BKTM Makassar

disinfo hasil kajian identifikasi pelayanan kestrad di kab. gowa & maros 2013

Senin, 07 Oktober 2013 | Dipublish Oleh: bayu
berita kami

Diseminasi infomasi hasil kajian "Identifikasi Pelayanan Kesehatan Tradisional di Kabupaten Gowa dan Maros Tahun 2013" dilaksanakan untuk memaparkan dan mendiskusikan hasil kajian sekaligus sebagai sarana sosialisasi tugas dan fungsi BKTM Makassar.

Sasaran dari kegiatan ini adalah para penanggung jawab program kestrad di Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa dan Kabupaten Maros, serta para kepala puskesmas atau penanggung jawab program kestrad di Puskemas Somba Opu, Palangga, Bajeng, Bontonompo, Turikale, Maros Baru, Lau dan Mandai.

Latar belakang dilakukannya kajian ini adalah telah terjadinya perkembangan pelayanan kesehatan tradisional di Kabupaten Gowa dan Kabupaten Maros yang begitu pesat serta belum teridentifikasinya pengobatan tradisional berbasis warisan budaya setempat (local wisdom), maka dipandang perlu untuk melakukan penapisan pelayanan kesehatan tradisional dalam rangka memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Standar penilaian yang digunakan dalam kajian ini berdasarkan pada Keputusan Menteri Kesehatan R.I. Nomor: 1076/MENKES/SK/2003 yang berisi tentang pedoman penyelenggaraan pengobatan tradisional. Dalam kegiatan ini dipaparkan hasil survei yang telah dilakukan, diantaranya jumlah tempat, jumlah tenaga dan jenis pelayanan kesehatan tradisional yang ada di Kabupaten Gowa dan Maros. Persentase kepemilikan SITU, STPT, SIPT pemilik tempat dan tenaga pelayanan kesehatan tradisional. Selain itu ditampilkan pula persentase tempat pelayanan kesehatan tradisional yang memenuhi aspek legalitas, standar tempat pemberian pelayanan dan standar kondisi ruang pelayanan.

Hasil akhir yang diharapkan nantinya sosialisasi mengenai Keputusan Menteri Kesehatan R.I. Nomor: 1076/MENKES/SK/2003 yang berisi tentang pedoman penyelenggaraan pengobatan tradisional dapat dilanjutkan kepada pemberi pelayanan kesehatan tradisional sebagai mitra binaan.



Arsip Berita Lainnya

Layanan