Publikasi BKTM Makassar

identifikasi pelayanan kesehatan tradisional di kabupaten gowa dan kabupaten maros tahun 2013

Senin, 23 Sepember 2013 | Ditulis Oleh: F. Yulinar, H.Harifin
publikasi

Pelayanan kesehatan tradisional merupakan warisan budaya bangsa yang selama ini tumbuh dan berkembang serta terpelihara secara turun temurun di kalangan masyarakat, digunakan sejak dahulu sampai kini dengan kecenderungan yang terus meningkat.

Dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan tradisional yang dapat dipertanggungjawabkan manfaat dan keamanannya, tidak bertentangan dengan norma yang berlaku serta memberikan perlindungan kepada masyarakat penerima pelayanan, maka dalam penyelenggaraannya perlu dilakukan pembinaan dan pengawasan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 2358/Menkes/PerXI/2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di Bidang Kesehatan Tradisional Masyarakat, tugas BKTM adalah melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelayanan kesehatan tradisional.

Melihat perkembangan pelayanan kesehatan tradisional di Kabupaten Gowa dan Kabupaten Maros yang begitu pesat serta belum teridentifikasinya pengobatan tradisional berbasis warisan budaya setempat (local wisdom), maka Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat (BKTM) Makassar akan melakukan penapisan bagi pelayanan kesehatan tradisional, dalam rangka memberikan rasa aman bagi masyarakat.

View or Download PDF
publikasi_24092013.pdf

Arsip Publikasi Lainnya

Layanan