Berita BKTM Makassar

kegiatan tim tot akupresur BKTM makassar di kota ambon

Kamis, 07 November 2013 | Dipublish Oleh: bayu
berita kami

Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat Makassar yang dikepalai oleh dr.Anna Khuzaimah M.Kes telah menugaskan Tim TOT (Trainer of Training) Akupresur yaitu dr.Harifin Hafid dan saya, dr.Nurwana, ke Kota Ambon berdasarkan permintaan fasilitator akupresur dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku mulai dari tanggal 8 September hingga 14 September 2013.

Orientasi akupresur terhadap tenaga kesehatan di puskesmas diikuti oleh 20 orang peserta. Peserta dari puskesmas berjumlah 17 orang, 2 orang berasal (1 orang dokter dan 1 orang tenaga fisioterapi) dari Rumah Sakit Tulehu dan 1 orang dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku.

Tim akupresur meninggalkan Bandara Hasanuddin dari Makassar dengan menggunakan pesawat Lion Air dengan penerbangan jam 13.10 WITA dan setelah 1 jam 55 menit sampailah kami di Bandara Pattimura dengan sambutan hujan rintik-rintik. Kami berdua celingak-celinguk mencari orang yang akan menjemput kami, maklumlah ini pertama kali kami menginjakkan kaki di Maluku. Ternyata penjemput kami sudah menunggu di Bandara Pattimura dengan menggunakan mobil dinas Kabid Yankes.

Untuk sampai ke tempat pelaksanaan kegiatan bisa lewat laut dengan memotong jalur menggunakan kapal fery dengan waktu tempuh lebih cepat kurang lebih setengah jam. Mobil sudah menuju ke tempat penyeberangan fery, ternyata kendaraan harus antre, akhirnya mobil putar haluan kembali dengan melewati jalur darat yang melingkari kota Ambon. Akhirnya, setelah hampir satu jam lamanya kami naik mobil sampailah kami di kota Ambon, di Hotel Golden Palace yang beralamat di jalan Cendrawasih no. 32.

Setelah istirahat sejenak dan menguyur badan dengan shower hotel, kepenatan yang kami rasakan langsung hilang dan siap untuk mulai melanjutkan kegiatan. Semua materi dasar yang terdiri dari Kebijakan Pelayanan Kesehatan Tradisional, Tatalaksana Penyelenggaraan Pelayanan Akupresur di Puskesmas, Pembinaan dan Pengawasan Pengobat Tradisional Akupresur bagi Petugas Puskesmas dan materi inti yaitu Teori Dasar Akupresur telah dibawakan oleh pemateri dari Kemenkes yaitu dr. Yuniarti Situmorang M.Kes dan drg.Dyah Ermayatri,DESS dan kami berdua berkolaborasi dengan TOT Maluku yaitu dr. Lukman S.melanjutkan materi inti yaitu Anatomi dan Fisiologi Dasar Manusia,Teori Meridian dan Titik Akupresur, Teknik Akupresur, Tatalaksana Terapi dan Tatalaksana Kasus.

Para peserta tak kenal lelah dan capek mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sehingga kami pun tim fasilitator tetap bersemangat memfasilitasi peserta orientasi akupresur mulai pagi sampai malam dengan materi teori dan praktek selang-seling. Pada saat istirahat atau ISHOMA, panitia dan peserta berlomba naik berkaraoke. Saya terkesima dan angkat jempol, bahkan 4 jempol buat talenta yang mereka miliki, suara mereka sangat bagus dan merdu, He..he..he..he.. Beta jadi malu karena beta sendiri seng bisa nyanyi.

Di akhir kegiatan semua peserta dinyatakan lulus setelah melalui ujian teori dan praktek (seperti ujian final semester aja.. bikin deg-degan dan jantung berdebar-debar aja kata mereka) dan hasilnya memuaskan. Kami berpesan kepada seluruh peserta semoga ilmu dan keterampilan akupresur yang telah diterima bisa langsung diaplikasikan di tempat tugas masing-masing sehingga mereka bisa menjadi pahlawan yankestrad di wilayah kerjanya.

Mudah-mudahan kami bisa kembali menginjakkan kaki di Provinsi Maluku bertemu kembali dengan panitia dan peserta orientasi yang baru maupun yang lama di tahun depan. Bye bye Maluku, bye bye Ambon, keramahtamahanmu akan selalu kami kenang. See you next time. (dr. Nurwana)